CARA MEMBUAT ARANG SEKAM HIDROPINIK, SECARA SEDERHANA SUPER CEPAT YOUTUBE

adsense 336x280 CARA MEMBUAT ARANG SEKAM HIDROPINIK
cara membuat arang sekam hidroponik, cara membuat arang sekam youtube, cara membuat arang sekam super cepat, cara membuat arang sekam kayu, cara membuat arang sekam yang cepat, cara membuat arang sekam secara sederhana, cara membuat arang sekam sendiri, cara membuat arang sekam dari sabut kelapa, cara membuat arang sekam padi, cara membuat arang sekam bakar, cara membuat alat arang sekam

sekam bakar sangat baik untuk media tanam pertanian, dewasa ini sekam bakar banyak di gunakan untuk pertanian, tanaman hias dan hidroponik. membuat sekam bakar sangat lah mudah dengan banyaknya ketersediaan bahan baku di lingkungan kita, bisa dengan mudah membuat arang sekam bakar sendiri dirumah...
berikut kaim berikan cara membuat arang dan manfaat arang sekam itu sendiri:

MANFAAT SEKAM BAKAR
Di dalam tanah, arang sekam bekerja dengan cara memperbaiki struktur fisik, kimia dan biologi tanah. Arang sekam bisa meningkatkan porositas tanah sehingga tanah menjadi gembur sekaligus juga meningkatkan kemampuan tanah menyerap air.
Secara biologis, tanah yang gembur merupakan media yang baik bagi tumbuh dan berkembangnya organisme hidup,  Baik yang berupa mikroorganisme seperti bakteri akar maupun makroorganisme seperti cacing tanah.
Kelebihan lainnya, arang sekam tidak membawa mikroorganisme patogen. Karena proses pembuatannya yang melalui pembakaran sehingga relatif steril.
Secara kimia, arang sekam memiliki kandungan unsur hara penting seperti Nitrogen (N), Fosfor (P), Kalium (K), Kalsium (Ca) dan Magnesium (Mg). Keasamannya netrals sampei alkalis dengan kisaran pH 6,5 sampai 7.
Arang dari sekam padi tidak mengandung garam-garam yang merugikan tanaman. Arang sekam kaya akan kandungan karbon, dimana unsur karbon sangat diperlukan dalam membuat kompos.
Dari beberapa penelitian diketahui juga kemampuan arang sekam sebagai absorban yang bisa menekan jumlah mikroba patogen dan logam berbahaya dalam pembuatan kompos sehingga kompos yang dihasilkan bebas dari penyakit yang merugikan dan zat kimia berbahaya.
Diperkotaan, arang sekam banyak dibutuhkan untuk media tanam tanaman hias. Kelebihan media ini adalah bobotnya yang ringan dan mudah dibersihkan dari akar tanaman. Sifat seperti ini dibutuhkan untuk tanaman – tanaman yang akan di distribusikan.

CARA MEMBUAT ARANG SEKAM
ALAT DAN BAHAN
- tungku pembakar bisa terbuat dari gulungan seng yang di luangi atau bisa juga dengan kawat setrimin
- korek api 
- sekop
- kayu atau ranting kering dan daun kering untuk sebagai bahan bakar, bisa juga menggunakan kertas yang tidak terapakai
- ember/ selang air untuk menyiram sekam yang sudah jadi supaya tidak menjadi abu

BAHAN
- SEKAM PADI

CARA MEMBUAT
- masukan bahan bakar kedalam tungku yang terbuat dari seng/setrimin
- lalu bakar dan kemudian setelah api nya jadi tunggu beberapa menit supaya tunggu siap 
- setelah siap sekam padi bisa mualai di proses pembakaran yaitu dengan cara menaburkan sekam padi pada bagian sampin tungku hingga menggunung, dengan maksud supaya sekam tersebut tidak terbakar secara langsung
- orak arik sekam supaya matang merata 
- selang 2-3jam arang sekam sudah jadi 
- siram arang sekam dengan air yang sudah disediakan
- arang sekam sudah jadi

untuk lebih jelasnya bisa lihat video di bawah ini:



SANGAT SEDERHANA BUKAN?? :)
SEMOGA BERMANFAAT

cara membuat arang sekam hidroponik, cara membuat arang sekam youtube, cara membuat arang sekam super cepat, cara membuat arang sekam kayu, cara membuat arang sekam yang cepat, cara membuat arang sekam secara sederhana, cara membuat arang sekam sendiri, cara membuat arang sekam dari sabut kelapa, cara membuat arang sekam padi, cara membuat arang sekam bakar, cara membuat alat arang sekam adsense 336x280

0 Response to "CARA MEMBUAT ARANG SEKAM HIDROPINIK, SECARA SEDERHANA SUPER CEPAT YOUTUBE"

Post a Comment