CARA MEMBUAT ARANG SEKAM HIDROPONIK DENGAN CEPAT DAN MUDAH

adsense 336x280
CARA MEMBUAT ARANG SEKAM HIDROPONIK DENGAN CEPAT DAN MUDAH

Arang sekam padi merupakan hasil pengolahan lanjutan dari sekam padi padi. Arang sekam padi yang dibeberapa daerah ada yang mengatakan berambut atau dedek persak ini ternyata sangat bermanfaat dalam budidaya pertanian. Adanya Sifat porous dan mampu mengikat air dari arang sekam padi banyak yang menggunakanya untuk campuran media tanam diantaranya media tanam untuk budidaya tanaman hias, untuk pembibitan tanaman, budidaya tanaman hidroponik system

irigasi tetes, dan juga dapat digunakan sebagai bahan pelapis atau coating pupuk untuk mengurangi adanya tingkat keracunan tanah oleh pupuk maupun pestisida. Kandungan karbon yang tinggi pada arang sekam padi inilah yang menyebabkan arang sekam padi dapat digunakan untuk sterilisasi racun dalam tanah.Dahulu limbah pertanian berupa sekam padi padi ini belum banyak yang menggunakanya. Paling-paling digunakan oleh ibu-ibu di dapur untuk membantu memasak agar irit kayu bakar. Di penggilingan padi sekam padi padi menggunung sampai binggung untuk membuangnya. Sekarang sekam padi mulai banyak yang dimanfaatkan sebagai bahan bakar untuk pembuatan tahu dan tempe, bahan bakar dan campuran pembuatan batu bata, bahan campuran pembuatan pupuk organic atau kompos, briket arang sekam padi dan juga dapat digunakan sebagai media tanam untuk budidaya tanaman seturtorial hidroponik

Dalam tulisan saya kali ini akan saya ulas tentang turtorial pembuatan arang sekam padi mulai yang sederhana sekali, sederhana dan turtorial pembuatan arang sekam padi super cepat.

turtorial pembuatan arang sekam padi sangat sederhana (Lambat)

Untuk membuat arang sekam padi sangat sederhana sekali ini tidak membutuhkan dana sama sekali hanya dibutuhkan sekam padi padi dan korek api untuk membakar. turtorialnya adalah
Tumpuk 3 sak sekam padi padi kering dalam tempat terbuka. Untuk menghindari kebakaran dan menganggu warga sekitar usahakan jauh dari pemukiman. Kalau musim hujan usahakan ditutupi terpal, kalau ditempat khusus pembakaran itu lebih baik.
>    Nyalahkan api ditengah-tengah sekam padi sampai benar-benar terlihat bara api di dalamnya sehingga proses pengarangan berjalan lancar.

>  Tunggu proses pembuatan arang sekam padi selama 12 jam. Yaitu pada jam 18.00 WIB (sore hari) sampai dengan jam 06.00 WIB (pagi hari). sekam padi yang dibakar ditenggah-tengah lambat laun akan merambat ke samping sehingga semua terbakar.
 >   Siram bara api sampai basah semua (sampai jenuh)
 >  Proses pembuatan arang sekam padi turtorial ini ada kekurangannya yaitu hanya dapat menghasilkan arang sekam padi sekitar 55%. Dari 3 sak sekam padi yang dibuat hanya jadi arang sekam padi 2 sak saja. Sisanya yang 45% menjadi abu dan hilang ke udara dari efek pembakaran.

turtorial Pembuatan Arang sekam padi Sistem Sederhana (cepat)
Pembuatan arang sekam padi system sederhana ini dibuat dengan peralatan yang sangat sederhana, mudah dan murah. Alat yang digunakan adalah hanya sebuah cerobong asap bagian bawah berkaki yang terbuat dari seng dengan diameter 4 dim. Proses pembuatan arang sekam padi sebagai berikut:

   > Cerobong asap diberi Koran atau kertas bekas kemudian dibakar
 > 3 sak sekam padi padi diletakkan disekitar cerobong berlahan-lahan sedikit demi sedikit sampai habis.
  >  Proses pembakaran terjadi ditandai dengan keluarnya banyak asap dari cerobong.
   > Setelah 3 jam proses pembakaran selesai ditandai dengan terbakarnya semua sekam padi yang ada dibagian paling luar tumpukan sekam padi dan asap yang keluar dari cerobong sedikit.
    > Pembakaran sekam padi sudah selesai agar proses pembakaran selesai dan sekam padi menjadi arang maka harus disiram dengan air sampai basah semua (jenuh) bara sekam padi mati.
   > Arang sekam padi yang sudah dingin dimasukkan kedalam sak bekas wadah sekam padi, hasil dari proses sederhana ini 3 sak sekam padi padi menjadi 2 sak arang sekam padi.
   >  Pembuatan arang sekam padi dengan menggunakan cerobong ini bila dibandingkan dengan turtorial pembuatan arang sekam padi sangat sederhana memiliki keunggulan yaitu: waktunya lebih cepat, rendemen atau hasil arang sekam padi lebih banyak sekitar 65% dan wujud arang sekam padi lebih utuh.

turtorial membuat arang sekam padi super cepat

Pembuatan arang sekam padi super cepat ini menggunakan alat pembakaran berupa tungku pembakaran dengan ukuran 1 meter x 1,5 meter dengan tinggi tungku sekitar 1,5 meter yang disambung keatas untuk pengeluaran asap. Tungku ini terdiri dari 4 bagian yaitu tempat sekam padi mentah, tempat proses pembakaran arang, tempat pengeluaran arang sekam padi dan penyiraman dan tempat pengeluaran asap (cerobong asap). Tempat sekam padi mentah dan tempat proses pembakaran dipisahkan dengan ram kawat (desain tungku pembakran dapat dilihat dalam gambar di atas). Proses ini sangat cepat sekali untuk memproses 1 sak sekam padi padi mentah menjadi arang sekam padi hanya membutuhkan waktu sekitar 9-13 menit saja. Dalam waktu sekitar 2-3 jam sehari bisa memproses sekitar 70-80 sak sekam padi padi. Adapun proses pembuatan arang sekam padi super cepat sebagai berikut:

    sekam padi padi mentah dimasukkan kedalam tungku diatas ram kawat berlubang, kemudian dibakar.
    sekam padi yang terbakar akan turun kebawah.
    Arang sekam padi yang sudah jadi dan masih membara segera ditarik keluar dalam bak penampungan.
    Siram sekam padi dengan air secukupnya sampai basah (sampai jenuh) agar pembakaran tidak berlanjut menjadi abu.
    sekam padi yang telah menjadi arang sekam padi kemudian dimasukkan karung untuk menunggu proses selanjutnya.

Pembuatan arang sekam padi super cepat ini bila dibandingkan dengan turtorial sangat sederhana dan turtorial sederhana waktunya jauh super cepat karena kalau turtorial sangat sederhana sekitar 12 jam, turtorial sederhana sekitar 2-3 jam tapi kalau menggunakan turtorial super cepat hanya 2-3 menit x 3 sak (sekitar 7-9 menit). Untuk hasil arang sekam padi hampir semua turtorial memiliki rendemen yang sama sekitar 55-78%. Kira-kira 4 sak sekam padi mentah menjadi 3 sak arang sekam padi.

Proses pembuatan arang sekam padi super cepat ini biasanya dilaksanakan di tempat budidaya tanaman hidroponik system irigasi tetes yang menggunakan arang sekam padi sebagai medianya. Atau dilakukan oleh pengusaha yang khusus memproduksi arang sekam padi. Kalau menggunakan turtorial yang sangat sederhana atau turtorial yang sederhana tidak akan mampu memenuhi kebutuhan karena terlalu lambat.
TERIMAKASIH adsense 336x280

0 Response to "CARA MEMBUAT ARANG SEKAM HIDROPONIK DENGAN CEPAT DAN MUDAH"

Post a Comment